-->

Iklan

Perbedaan Template Blogger AMP dengan Non AMP / HTML Lengkap

Thursday, October 17, 2019, October 17, 2019 WIB Last Updated 2021-11-01T07:28:01Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Perbedaan Template Blogger AMP dengan Non AMP / HTML Lengkap
SERBARENA -  Blog telah digunakan oleh jutaan pengguna di dunia. Blogspot juga dapat digunakan sebagai blog, yang berada di website internet. Website memiliki 2 mode yaitu mode html dan mode AMP (Accelerated Mobile Page). Blogspot atau blogger ternyata juga mendukung atau valid hal tersebut yaitu AMP dan HTML. Lalu apa perbedaan blog yang valid AMP dan HTML / Non AMP? Silakan dicoba penjelasan di bawah ini.

Semakin berkembangnya teknologi mesin pencari google. Google telah membuat inovasi baru yaitu Accelerated Mobile Pages (AMP) merupakan suatu cara membuat laman web yang ringan dan dapat dimuat dengan cepat terutama pada perangkat mobile.

Apa Itu Blog AMP

AMP (Accerelated Mobile Page) adalah website yang memiliiki sumber terbuka dan bertujuan untuk menciptakan web site yang lebih baik untuk semua pengguna.

Salah satu kontributor utama dalam pengembangan AMP projects adalah Google. Google sendiri mengaplikasikannya kedalam mesin pencari.

Apa Itu Blog Non-AMP / HTML

Sedangkan Non AMP adalah project lama yang sudah dikenalkan oleh google yang di berupa design halaman Web site, akan tetapi tingkat kecepatanya, tampilan Deskop dan tampilan Mobile masih tidak cukup maksimal. 

Penjelasan singkat di atas menyimpulkan bahwa project Non AMP atau HTML merupakan project lama atau generasi lama. Sedangkan Blogger yang menggunakan template terbaru yaitu AMP. Jadi yang membedakan template AMP dan non AMP berada pada waktunya yaitu terbaru dan terlama. 

Ciri-ciri Template AMP di Web Blog

Ketika sedang berselancar di internet atau browsing kemudian menemukan simbol petir di bawah judul artikel pada searching anda atau seperti gambar di bawah ini. Maka template website tersebut sudah mendukung AMP.

Website atau blogger yang menggunakan template AMP biasanya nya ketika di muat loadingnya lebih cepat daripada template biasa seperti HTML. Kebanyakan website yang menggunakan template AMP ini diterapkan oleh website terkenal seperti portal berita maupun toko online atau website lainnya. Hal ini dikarenakan banyak pengunjung baik dari pengguna jaringan yang yang lambat maupun pengguna jaringan yang yang cepat.

Contoh Blog Valid AMP


Gambar tersebut adalah contoh dari web blog yang support AMP. Setiap anda membuka pencariaan Google di smartphone dan melihat ada petir seperti di gambar berarti blog tersebut adalah AMP. Anda bisa membuka halaman dengan lebih cepat dibandingkan dengan tidak ada icon petirnya.

Anda tidak bisa melihatnya jika browser tersebut dalam mode desktop. Atau membuka di PC atau Laptop juga tidak akan bisa membuka dengan mode valid AMP.

Apakah AMP Bisa Diterapkan di Web Blogspot ?

Bisa. Anda bisa menerapkan di Blogspot dengan valid AMP. Sampai saat ini sendiri belum menyediakan template bawahan versi amp. Hanya saja dibutuhkan script manual tidak seperti di wordpress.

Saat ini tidak semua pengguna blogspot menerapkan valid amp. Karena masih dibutuhkan beberapa keahlian tertentu untuk menerapkannya.

Baca Juga : Cara Cek Kelayakan Template Blog dengan Lighthouse Layak Dipakai

PERBEDAAN WEB / BLOGSPOT VALID AMP DAN NON-AMP

Penjelasan Blogspot Valid AMP

  • Memiliki kecepatan 4 kali lebih dari Non AMP
Blog valid AMP sangat oleh pengguna internet search engineering  Google. Web atau blog yang valid AMP dapat membuka web tersebut dengan kecepatan 4 kali lebih cepat dari pada Non AMP atau HTML. Hal ini di karenakan template dengan Fitur AMP disimpan pada cache AMP Goggle. Sehingga sangat di rekomendasikan untuk membuka web tersebut di mode mobile agar terlihat bedanya bahwa blog tersebut dapat dimuat pada posisi jaringan lemah.


  • Muatan 10 kali lebih cepat setelah dibuka 
Blog yang valid AMP lebih hemat data karena template dengan fitur valid AMP memanfaatkan Cache yang sebelumnya sudah di simpan pada browser kita. Pada saat kita setelah membuka web tersebut maka secara otomatis chat wa tersebut tersimpan di perangkat kita. Sehingga ketika kita buka web tersebut akan terbuka 10 kali lebih cepat dari pada Non AMP atau HTML.
  • Dukung Oleh Banyak Plat From Sehingga SEO Akan Lebih Maksimal
Blog yang menggunakan template AMP didukung oleh banyak platform. Sehingga sangat bisa ditebak bahwa SEO yang menggunakan template AMP sangat direkomendasikan dari pada Non AMP.  Secara otomatis akan mudah mendapatkan kan banyak pengunjung organik dari Google. Web blog yang menggunakan template AMP terdapat logo petir pada saat di Google penelusuran nya.
  • Tidak Diperkenankan Menggunakan JavaScript
Diperlukan perlakuan khusus untuk menulis artikel karena web blog yang valid AMP tidak diperkenankan menggunakan JavaScript. Ini merupakan salah satu kekurangan pengguna web blog AMP.
  • Tidak support komentar blogger
Kekurangan yang di miliki web Valid AMP yaitu tidak support komentar blogger. Agar bisa memunculkan yang suport untuk komentar pada laman web AMP seperti Disquss komentar dan Facebook komentar. Padahal pada dasarnya komentar blogger merupakan fitur bawaan yang dimiliki oleh blogger. Hal ini dikarenkan mendukung berbagai platform seperti google, wordpress, MSvalidate, hingga sampe dengan Annonymous.
  • Tidak support page number pada halaman web
Template Valid AMP tidak mensupport Page Number pada laman web, Blog Pager With Title, hal ini disebabkan kurangnya tutorial yang disediakan oleh situs-situs lain yang membahas tentang Valid AMP. jadi untuk mengedit template Valid AMP masih sangat terbatas di karenakan project ini masih dikatakan baru juga  yang masih jarang orang yang memakai AMP dalam dunia web designer

Blogspot yang Non AMP atau HTML

  • Jaminan SEO
Laptop yang menggunakan template Non AMP sangat banyak digunakan di seluruh dunia. Sehingga banyak designer dan developer web yang mengembangkan templatenya. template web blog yang non AMP sudah dilengkapi banyak sekali fitur sehingga akan menjamin SEO.


  • Responsive
Template Non AMP sudah dilengkapi dengan fitur responsive. Sehingga tidak hanya nya website AMP saja yang dibilang responsif. Jadi dalam hal ini tidak perlu khawatir karena web yang kita kelola bisa dikunjungi melalui perangkat manapun.
  • Mudah di Edit
Template Non AMP  bebas di edit sesuai keinginan kita. Tanpa ada aturan sedikit pun kita bisa mengubahnya. Beda dengan web menggunakan template AMP yang sedikit memiliki aturan seperti komentar broker dan an tidak tersedianya fitur page number.
  • Lemot Jika Dibuka di HP
Terkesan lemot atau loadingnya lama jika dibuka di hp karena template Non AMP atau HTML memiliki banyak script. Script tersebut dapat diisi semua jenis bentuk pemrograman yang ada.

Hal SEO : AMP atau Non-AMP?

Coba kita lihat di indeks Google, mesin pencari lebih memprioritaskan website atau blog yang mendukung teknologi AMP. Google sendiri menganjurkan untuk memakai template valid AMP.

Tapi untuk jaminan SEO, para developer lebih mengutamakan produksi template Non-AMP. Template Non-AMP lebih banyak disisipi berbagai fitur pendukung SEO, hal ini mengakibatkan masih banyak orang yang memakai template Non-AMP.

Secara Garis Besar pilih AMP atau Non-AMP?

Dikarenakan Web Blog versi amp memiliki kecepatan lebih cepat dari pada non AMP atau HTML, maka rekomendasi terbaik adalah menggunakan amp.

Bukan berarti web atau blog mode non-amp tidak berkualitas. Justru non-amp memiliki fitur lebih lengkap daripada versi amp.

Baca Juga : Solusi dan Cara Mengatasi Malas Ngeblog Agar Semangat Nulis Artikel

Kesimpulan Web Blogger Menggunakan Template AMP atau Non AMP

Dari penjelasan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa :
  • Template AMP memiliki kecepatan 4 kali lebih cepat hingga 10 kali lebih cepat daripada Non AMP atau HTML yang lebih lemot di mode Mobile
  • Template AMP memiliki dukungan SEO lebih kuat oleh Google namun template Non AMP atau HTML jauh lebih SEO karena Non AMP memiliki dukungan penuh tentang script pemrograman
  • Template amp tidak mendukung adanya komentar loker dan page number pada halaman web. Sementara template non amp memiliki dukungan penuh terkait hal tersebut.
  • Template Non AMP lebih responsif daripada AMP
  • Sekian dari Serbarena pembahasan mengenai Perbedaan Template Blogger AMP dengan Non AMP / HTML Lengkap. Jika ada  pertanyaan atau kendala  Anda bisa menghubungi kami DISINI. kenyamanan Anda adalah kebanggaan saya. Terima kasih.
Semoga dengan penjelasan mengenai perbedaan antara web atau blog versi AMP dan non AMP memberikan manfaat untuk anda.
Komentar

Tampilkan

Terkini