-->

Iklan

Cara Setting APN Indosat 4G dan 5G Tercepat dan Stabil di Android

Saturday, December 28, 2019, December 28, 2019 WIB Last Updated 2021-11-01T07:27:45Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Cara Setting APN Indosat 4G dan 5G Tercepat dan Stabil di Android
SERBARENA - setiap provider seperti kartu Indosat memiliki APN adalah Singkatan dari Access Point Name (APN) adalah sebuah gerbang gateway antara jaringan seluler meliputi GSM, GPRS, 3G atau 4G dan jaringan komputer lain. Maka dari itu diperlukan settingan APN agar koneksi jaringan kalian stabil untuk digunakan. 

Sementara saat ini jaringan 5G setiap provider di Indonesia masih belum mendukung keberadaan jaringan tersebut. Saat ini masih mendukung jaringan dengan kecepatan 4G. Maka dari itu untuk sementara ini Serbarena akan menginformasikan khusus untuk jaringan 4G saja.

Banyak orang yang belum mengetahui apa fungsi dari APN. Fungsi dasarnya adalah agar koneksi jaringan internet kali yang lebih stabil dan ping menjadi lebih kecil sehingga koneksi internet menjadi lebih cepat.

Ada beberapa provider kartu yang tersedia di Indonesia antara lain Indosat Telkomsel XL three Axis esia Smartfren dan masih banyak lainnya. Disini kita akan berfokus pada provider Indosat. Mengapa demikian karena provider ya yang digunakan salah satunya yaitu Indosat.

Untuk lebih jelasnya settingan seperti apa untuk APN Indosat agar lebih cepat dan stabil digunakan, silakan simak step by step di bawah ini. 

APN Default Indosat

Berikut ini adalah pengaturan apn default dari kartu indosat. Setiap kartu kalian aktif dan menyalakan data internet maka APN secara otomatis dibuat oleh Indosat nya. Untuk lebih rincinya ada di bawah ini :

  • APN : indosatgprs
  • Jenis apn : default,supl
  • Jenis autentikasi : –
  • Kata sandi : indosat
  • MMC : 510
  • Mmsc : 510
  • MNC : 01
  • Nama APN : indosat apn 1
  • Nama pengguna : indosat
  • Port : 8080
  • Port mms : –
  • Protokol apn : ipv4
  • Protokol roaming apn : ipv4
  • Proxy : 10.19.19
  • Proxy mms : –
  • Server : –

Begitulah settingan APN dari kartu Indosat. Kalian bisa mencontohnya untuk di di-setting ke HP kalian an8 merk HP apa. 

Settingan default yang secara otomatis ini saya sampaikan bertujuan untuk jika APN otomatis kalian hilang atau terhapus. maka dengan ini kalian bisa melihat settingan untuk di atur ke HP kalian yang ingin di setting.

APN Indosat Tercepat

Adat cara agar koneksi jaringan internet kalian lebih cepat dan lebih stabil dari pada settingan default Indosat. Settingan APN Indosat ini bisa kalian terapkan di setiap HP Android manapun. Silakan dipilih antara salah satu APN Indosat di bawah ini. Kalian juga bisa mengetes salah satu mana yang paling cepat menurut kalian. Berikut settingan APN Indosat di bawah ini :

  • Nama apn : indosat apn 1, APN : lte
  • Nama apn : indosat apn 2, APN : free
  • Nama apn : indosat apn 3, APN : internet
  • Nama apn : indosat apn 4, APN : indosatooredoo.com


Bagaimana jika kalian sudah mencoba antara salah satu dari 4 APBN tersebut namun tidak ada perubahan kecepatan secara signifikan? Kembali lagi jaringan Indosatnya. Indosat telah menyediakan APN secara default namun kalian bisa memodifikasinya sesuai keinginan kalian. 

Wilayah atau lokasi tertentu juga mempengaruhi koneksi jaringan sehingga jika settingan APN tersebut tidak bekerja dengan baik alasan utamanya mungkin karena wilayah yang kurang mendukung.

Cara Setting APN HP Android

cara setting APN Indosat di HP Android sangatlah mudah sekali. Kalian tidak perlu datang ke konter atau minta tolong ke siapapun untuk setting APN. Dengan membuka website Serbarena kalian sudah bisa mensetting APN Indosat sendiri tanpa meminta bantuan siapapun.

Berikut cara setting APN Indosat di HP Android dengan mudah

  1. Buka pengaturan pada HP Android kamu.
  2. Kalian pilih menu Kartu SIM & jaringan seluler
  3. Silahkan pilih sim card indosat yang ingin kamu ubah apnnya.
  4. Nah, disini silahkan kalian pilih APN (Access Point Name).
  5. Setelah itu, silahkan kalian  buat APN baru atau bisa juga edit apn lama yang sudah ada. 
  6. Rekomendasi dari Serbarena gunakan APN tercepat saja untuk menstabilkan jaringan internet.
Sangat mudah sekali kan. Cukup cara membuka website di sini dan cari informasi lainnya untuk mengetahui cara yang sangat menarik.


Cara Setting APN iPhone

Jika kalian pengguna HP iPhone jangan kuatir juga. Di sini serbarena juga memberikan cara memasang APN Indosat di HP iPhone. Langsung saja cara setting APN Indosat di HP iPhone berikut ini :

1. Buka Pengaturan / Settings pada hp kamu.
2. Pilih menu Cellular.
3. Kemudian pilih Cellular Data Option.
4. Setelah itu pilih Cellular Data Network.
5. Lakukan konfigurasi dengan apn yang ada di atas tadi.

Begitu mudah sekali cara setting APN Indosat di iPhone. Sebenarnya tidak jauh beda cara setting APN di setiap Android, iPhone dan smartphone lainnya.

Kesimpulan dari penjelasan artikel diatas bahwa terdapat dua macam settingan APN Indosat yaitu menggunakan settingan default dan ada tambahan untuk mempercepat dan menstabilkan koneksi jaringan internet. 


Komentar

Tampilkan

Terkini