-->

Iklan

Cara COD (Cash On Dellivery) Membeli HP Android Bekas yang efektif dan aman

Wednesday, June 26, 2019, June 26, 2019 WIB Last Updated 2019-08-21T09:20:33Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Pernahkah kalian membeli HP Android bekas? Lalu apa saja yang sudah kalian lakukan untuk membeli HP bekas? Jangan sampai tertipu oleh penjual yang tidak bertanggung jawab. Makanya hal ini kita wajib tahu poin apa saja yang harus kita cek di lokasi.

Meskipun bagi kita yang sudah berpengalaman COD membeli HP Android bekas kita pasti pernah bertemu masalah yang tidak sesuai keinginan kita. Maka dari itu kita perlu mengulas kembali biar pengalaman kita makin lengkap dan nantinya kita tidak akan menemukan masalah yang tidak kita inginkan.

Tidak perlu panjang lebar ceritanya mari kita lihat apa saja yang perlu kita ketahui:
1. Periksa Fisik Smartphone
Fisik adalah komponen utama dari sebuah nama Handphone (Android). Jangan percaya gambar HP yang diberikan oleh penjual. Kalian tahu sendiri namanya dunia maya pasti ada beberapa hal yang harus di tampilkan oleh penjual karena tujuannya untuk menarik perhatian pembeli.
Cek buka pakaian HPnya, buka kesing HP jika bisa dibuka dan lihat tanda segelnya. Semakin bersih HP tanpa cacat seperti benturan, layar sebagian rusak, baut aman, segel utuh maka semakin percaya bahwa HP tersebut masih bagus dan layak dibeli.
2. Periksa Kode Imei
Cek kode imeinya antara nomor imei di kardus sama di HP cocok atau tidak. Ini menandakan kelengkapan dan keoriginalan HP kalian. Jika cocok berarti HP kalian pantas untuk di beli. Terpentingnya lagi setiap imei ada kodenya tersendiri. Nanti saya akan jelaskan kode dari setiap imei jadi kita tahu bahwa HP dengan kode imei tersebut merupakan produk buatan dari negara X misalkan.
3. Spesifikasi Smartphone
Spesifikasi di HP Android merupakan hal utama di performa. Semakin besar atau tinggi spesifikasinya maka semakin jempol HPnya. Misal nih, kalian mau beli HP dengan spesifikasi kamera belakang 24mp dan kamera depan 13mp. Siapa sih yang tidak mengidamkan kamera sebesar ini? Pasti bakal pede tampik di sosmed.😅. Begitu juga jika kita beli HP yang dibekali memori internal 64gb dan ram 6gb disertai prosesor yang mumpuni. Gak bakal lepas dari HP nih. Main game mulu.
Jadi intinya begini, semakin tinggi spesifikasi HP kalian maka semakin di idamkan oleh semua pembeli.
Saya sarankan kalian ambil yang sesuai di kantong lah ya. Gak perlu maksa beli yang mahal sampek jual barang berharga dirumah. Toh Cuma HP. Hehe
4. Fitur dan Aksesoris
Kali ini kita mulai bahas yang agak kurang penting dari bagian HP. Fitur hanya pelengkap dan aksesoris untuk pemanis. Misal kita beli HP dengan fitur bisa dibuat sidik jari, unlock face, speaker dolby, HP anti air ini merupakan fitur dari salah satu HP.
 Sedangkan aksesoris itu maksudnya adalah apakah HP tersebut sudah Memiliki tempered glass? Shoft case? Finger ring? Dll.
Hal ini bisa dikesampingkan karena bagi HP yang penting fisik normal spesifikasi HP sesuai di kantong kalian masing-masing
5. Performa Aplikasi
Biasanya beberapa orang hanya suka performa HP dan tampilan menu yang sesuai selera hati. Namun ini yang benar-benar membuat kebingungan dalam memutuskan untuk membeli atau tidak. HP android itu bisa dirubah semuanya sesuka hati kita. Jadi belilah seadanya lalu nanti kita akan rubah sendiri dirumah. Sementara bagi yang tidak ngerti tentang ini bisa tanya ke teman sebelahnya atau tanya ke forum grup sosmed yang ada.
6. Kelengkapan Box
Beberapa orang mementingkan hal ini karena setelah HP dibeli harapan mereka adalah masih laku mahal dijual. Boleh juga sih, tidak ada yang melarang. Tapi semakin kriteria yang kita inginkan membuat kita makin bingung. Silahkan ini bisa diperhatikan juga. Atau jika kalian tidak mau membelinya karena tidak lengkap saran saya beli baru saja.
7. Kekuatan Sinyal
Era reformasi sinyal 4G didambakan hampir semua orang. Tidak menutup kemungkinan sinyal 4G ini bisa dipercaya karena di beberapa lokasi ada yang tidak mendukung sinyal 4G.
Yang perlu kalian tahu adalah kalian harus tahu bahwa misal disini sebenarnya sinyal 4G banyak namun pas kalian COD ternyata tidak ada sinyal maka jangan di beli. Disini saja pas sinyal banyak tapi tidak ada, bagaimana jika nanti pas dirumah yang tidak ada sinyal? (Singkirkan).
8. Kualitas Baterai
Kita percaya semakin besar baterai maka semakin kuat bertahan lama usianya. Perlu di ingat biasanya semakin lama usia HP keluar dari pabrik maka daya tahan lamanya tidak akan sama pas kaluan beli bekas dibandingkan ketika beli baru di toko.
9. Slot Micro SD
Sesekali cek slot Micro SD dengan tempat kartu perdana kalian. Jika masih normal tanpa ada masalah maka percayalah akan normal selama kalian pakai.
10. Garansi
Tanyakan pada penjual apakah HP tersebut masih ada garansinya atau tidak dan HP tersebut ikut garansi apa. Karena ada beberapa merk garansi yang dipercaya oleh masyarakat juga ada beberapa merk garansi yang tidak disukai oleh masyarakat.
Jika garansi masih panjang beruntunglah kalian buat jaga-jaga nantinya jika HP kalian ada masalah bisa di klaim ke garansinya.
11. Harga Pasaran
Wajib tahu bagi kalian yang mau membeli hp. Jika kalian tidak tahu, tanyakan ke teman atau orang terdekat kalian yang paham tentang HP dan tanyakan juga ke grup sosial media yang kalian percaya tentang HP yang akan kalian beli.
12. Transaksi Aman
Pastikan tanyakan apakah kita sudah deal untuk HPnya dijual dan saya beli? Dan jangan langsung berikan uangnya kepada pembeli. Hal ini untuk antisipasi nantinya ada kecurangan tanpa kita sadari
13. HP Tidak Root
Jangan sepelekan masalah ini. Root berarti sistem sudah operasi Android sudah dibuka serta-merta tanpa sistem keamanan dari pusat HPnya. Hal ini akan laku lebih murah dijual ke konter dari harga normal.
Masih bingung ya kita mau beli yang mana..

Kesimpulannya?
 Zaman sekarang semua merk dan model HP sama saja fungsinya. Hal terpenting adalag cari HP dengan fisik sempurna tanpa cacat dengan spesifikasi yang cukup sesuai kantong kalian. Nilai tambah jika kalian memperhatikan fitur dan aksesoris, kelengkapan box, kesegelan, kualitas baterai dan HP tidak root. Terakhir kita bertransaksi dengan aman.

Jika ada salah kata saya mengucapkan mohon maaf dan mari kita saling koreksi. Silahkan bertanya di komentar untuk saling diskusi.

Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+